Rabu, 14 September 2011

Orin: Umar Bin Khathab Ditakuti Setan Lho...

Orin: Umar Bin Khathab Ditakuti Setan Lho...:

Umar Bin Khathab Ditakuti Setan Lho...

Bagian Satu : Dari Sa'ad bin Abi Waqash,
Pada suatu hari, Umar bin Khathab mohon izin untuk bertemu Rasulullah Saw. sedangkan pada saat itu ada beberapa wanita Quraisy yang sedang menanyakan beberapa masalah kepada Rasulullah Saw. dengan suara yang gaduh hingga terdengar keluar rumah.
Ketika Umar masuk, ruangan itu tiba-tiba sunyi senyap. Bahkan, wanita-wanita itu terluhat gugup, membetulkan kerudung, dan segera bersembunyi di balik tirai. Melihat kejadian itu, Rasulullah Saw. tersenyum simpul.
"Mengapa anda tersenyum, ya Rasulullah?" tanya Umar bingung.
"Aku heran, ketika mendengar suaramu, wanita-wanita itu langsung bersembunyi di balik tirai," jawab Rasulullah Saw. dengan masih tersenyum.
"Bagaimana ini? Seharusnya,andalah yang semestinya disegani dan dihormati daripada aku!" tandas Umar begitu mendapat jawaban dari Rasulullah Saw. yang membuatnya rikuh.
Karena merasa ada yang salah, maka Umar menghampiri wanita-wanita itu.
"Mengapa kalian lebih takut kepadaku daripada Rasulullah Saw?" tanyanya.
"Kamu berhati kasar dan lebih keras daripada beliau," jawab mereka singkat.
Mendapat jawaban itu, Umar pun jadi bengong, sementara Rasulullah Saw. masih tersenyum kemudian berkata kepada Umar, "Ya Umar, demi Allah! Sesungguhnya, apabila setan berjumpa denganmu di jalan yang kamu lalui, maka ia akan menjauh dan lewat jalan yang lain.".
(HR. Bukhari dan Muslim).
Referensi: Usman Zaki el-Tanto. 2011. Rasul Pun Bercanda Lho. Jogjakarta: Sabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar